3 Tipe Artikel Yang Malas Dikomentari

Maret 25, 2015


Bagi teman-teman blogger yang suka mengoptimasi blog dengan cara blogwalking (berkunjung dan berkomentar di blog orang), pasti ada dong tipe artikel yang malas dikomentari. Entah karena tampilan blognya yang kurang menarik atau memang artikelnya yang kurang menarik, hihihi saya sendiri kadang merasa apakah artikel saya cukup layak untuk dibaca orang.

1. Gak ada gambarnya.

Minimal dalam satu artikel ada satu gambar, sebagai ilustrasi tulisan atau supaya tampilan artikel secara keseluruhan tampak menarik. Gambar ini juga berfungsi sebagai thumbnail artikel pada tampilan home yang memakai read more, thumbnail judul posting pada artikel terkait dan thumbnail pada widget artikel popular. Kalau artikel tidak memakai gambar, jangankan dikomentari, membacanya pun terkadang saya kurang suka :D

2. Font terlalu kecil atau terlalu besar.

Biasanya saya merasa nyaman membaca tulisan dengan ukuran font 12 - 16 pt, tapi kesini-kesini ukuran font kok semakin besar ya.. Terutama pada template responsive. Saya merasa pusing membacanya, walau tujuan pemilik blog untuk membuat artikel nyaman dibaca. Masih mending. Kalau kekecilan? Terpaksa saya harus pakai kacamata minus. Namun lama kelamaan cape juga baca tulisan dengan font kekecilan dan kegedean, ujung-ujungnya saya memilih skip artikel dengan kriteria ini.

3. Postingan yang terlalu panjang.

Memang tidak ada salahnya membahas suatu topik secara mendalam, tapi jika cara penyampaian terkesan bertele-tele maka pembaca jadi bosan dan pergi. Menurut saya, ini menurut saya lho, orang mengunjungi blog kita untuk mencari apa yang mereka inginkan. Bisa jadi karena judul artikel memancing rasa ingin tahu. Tapi jika setelah mereka mengklik link yang mengarah ke artikel dan mereka tidak menemukan apa yang mereka cari disana, tanpa pikir panjang mereka menutup tab.

Akan lebih efektif jika satu topik dibagi menjadi beberapa artikel yang saling berkaitan. Selain bisa meningkatkan jumlah penayangan, pembaca juga tidak cepat bosan dan mau meluangkan waktu untuk berkomentar.

Apakah salah satu kriteria di atas pernah kamu temukan di blog yang kamu kunjungi? Yuk share di komentar! Mohon maaf sebelumnya jika ada kata-kata yang tidak berkenan. Pada dasarnya saya hanya seorang blogger pemula yang senang belajar hal-hal seputar blogging apalagi kalau bisa 'menjual'. :D

You Might Also Like

0 komentar

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!