Mengapa 'Encounter' Begitu Populer Di Kalangan Pecinta Drakor?

April 29, 2019



Setelah menikah dengan Song Jong Ki, artis papan atas Song Hye Kyo sempat vakum dari dunia hiburan dengan tidak mengambil proyek baru. Mungkin mereka lagi bulan madu kali, ya. Maklum pengantin baru. Setelah sekian lama menghilang, kemudian Song Hye Kyo muncul kembali di drama 'Encounter', dan kabarnya lawan main Si Tante Cantik ini adalah Park Bo Geum, sahabat dari suaminya.

Unsur Yang Tak Biasa Dalam Kdrama 'Encounter'


Kesan pertama saat menonton drama ini, saya akui plot-nya agak membosankan. Terlalu banyak dialog panjang yang bikin ngantuk dan sakit kepala kalau gak ada cemilan. Tapi itu memang sudah bagian dari drama, boleh jadi begitulah cara 'Encounter' memperkenalkan tokoh-tokoh dengan latar belakang dan konfliknya.

Hampir semua drama yang saya tonton, sebut saja: Goblin, Secret Garden, W-Two Worlds, The Bride of Water God, I'm Not A Robot, Are You Human Too?, What's Wrong With Secretary Kim?, semuanya memakai unsur yang sama!

Pria kaya bertemu gadis sederhana. Drama apa pun, walaupun dikembangkan dari ide cerita yang berbeda-beda, tapi selalu saja ada unsur yang seperti itu. Seolah-olah lelaki yang tak punya kekayaan harta tidak seru jika disorot sebagai pemeran utama, karena apa? Wanita didoktrin sedari kecil oleh cerita dongeng Princess, yang dihampiri oleh seorang Pangeran dan menjadi kaya raya dalam sekejap. Unsur seperti inilah yang memuaskan penonton.

Tapi di drama Encounter, tidak! Disini yang kaya raya adalah si wanita, kemudian bertemu dengan pria dari keluarga sederhana. Secara logisnya sih ngapain Cha So Hyun atau Presdir Cha melepaskan hotel yang sudah membuat dirinya sukses hanya demi Kim Jin Hyuk yang tak punya apa-apa. Tapi disitulah seninya! Cinta membuat siapa pun menjadi gila, tak ada yang salah dengan menjadi gila, karena setiap orang harus melakukan hal-hal gila minimal sekali dalam seumur hidup.

Cha So Hyun dan Kim Jin Hyuk menari bersama saat bertemu di Kuba.


Putri Es Hidup Sebagai Burung Dalam Sangkar Emas


Presdir Cha adalah seorang janda. Ia menikah demi kepentingan politik, kemudian bercerai karena tak saling mencintai. Ia mendapatkan Hotel Donghwa yang hampir bangkrut sebagai kompensasi, kemudian hotel tersebut bisa bangkit kembali dan membuka cabang di Kuba.

Walaupun sukses sebagai seorang CEO, Presdir Cha tidak pernah mendapatkan apa yang ia inginkan dalam hidupnya. Kasus kecilnya saat Presdir Cha ingin makan ramyeon di area peristirahatan saja, Sekertaris Jang melarang karena takut reporter akan memotret diam-diam dan membesar-besarkan. Padahal ramyeon di area itu rasanya enak, dan ramyeon lebih enak dimakan langsung di tempat! Sebagai penyuka ramyeon, saya tahu, hidup Predir Cha itu kejam!

Predir Cha selama ini selalu mengatasi rasa kesepiannya menggunakan obat tidur. Tetapi saat ia baru saja menelan pil, ia tergoda untuk mendatangi pantai El Maleco di Kuba. Akibatnya saat sedang menikmati pemandangan di pantai itu, Presdir Cha kehilangan semua barang-barangnya dan tertidur. Saat bangun, ia menemukan seorang pria bernama Kim Jin Hyuk duduk di sampingnya.

Cha So Hyun tertidur di pundak Kim Jin Hyuk saat melihat pemandangan El Maleco.


Dari Sorot Matanya Saja, Dia Tak Akan Menerima Uang


Kim Jin Hyuk adalah seorang pria sederhana yang hobi mengabadikan momen-momen kecil dengan sebuah kamera model lama. Baginya, kamera tersebut sudah menjadi teman perjalanan hidupnya sedari kecil. Maka saat mobil yang ditumpangi Presdir Cha tanpa sengaja merusak kamera milik Jin Hyuk, dengan tegas Jin Hyuk menolak uang ganti rugi.


Kim Jin Hyuk diketahui sebagai karyawan Presdir Cha.


Pada hari-hari berikutnya, Jin Hyuk diketahui sebagai karyawan Hotel Donghwa. Saat interview, Jin Hyuk menyisipkan kata-kata ini, "Sebuah hotel harus memegang nilai-nilai kemanusiaan karena pada akhirnya hotel dijalankan oleh manusia."

Presdir Cha merasa nyaman untuk mengobrol dan mengajak makan ramyeon bersama di area peristirahatan. Akibat dari kedekatan mereka berdua, hidup Presdir Cha menjadi terusik oleh orang-orang yang menganggap Presdir Cha menyalah gunakan otoritas pada karyawan.


Presdir Cha dan Kim Jin Hyuk, makan ramyeon di area peristirahatan.


Mantan Suami Diam-Diam Masih Menyukai Presdir Cha


Mantan suaminya, Woo Seok adalah putra sulung keluarga konglomerat Taegyong Grup. Walaupun sudah bercerai, Taegyong Grup masih saja selalu mengganggu Presdir Cha dengan memaksa rujuk. Apalagi kesuksesan Presdir Cha sebagai CEO Hotel memuluskan karir ayahnya sebagai caleg. Sementara ibu kandung Presdir Cha yang berambisi menjadi ibu negara, turut membantu Taegyong Grup agar dirinya bisa rujuk dengan Woo Seok.

Inilah Woo Seok, mantan suami yang melindungi Presdir Cha.


Bagi Woo Seok yang pada awalnya suka bergonta-ganti pasangan, Presdir Cha adalah tipikal wanita yang berbeda dari kebanyakan. Saat perjodohan mereka, Presdir Cha berkata, "Aku tahu bahwa kita harus saling menyukai. Jadi, kau bisa jelaskan dengan santai, seperti apa kriteria idamanmu, agar aku setidaknya bisa menebak."

Woo Seok terdiam sesaat, kemudian tersenyum kecil, "Kriteria? Entahlah. Tapi aku menyukai wanita yang seperti ini, Cha So Hyun."

Kini setelah mereka bercerai, Taegyong Grup mengerahkan segala cara untuk memisahkan Presdir Cha dengan Jin Hyuk akibat insiden makan ramyeon. Namun, Woo Seok membela Presdir Cha dengan berkata, "Ibu, dia bukan benda. Bukankah lucu ketika dia melakukan hal-hal gila?"

Bahkan di lain kesempatan, Woo Seok menjanjikan bayaran tinggi untuk melenyapkan buletin anonim yang mengkritik Presdir Cha. Woo Seok juga mencegah orang-orang yang berusaha merebut posisi CEO Donghwa dengan mengatakan tindakan itu tidak jantan.


-------------

Kalau diperhatikan dari awal sampai akhir, hubungan Woo Seok dengan Predir Cha lebih seperti sahabat, walaupun mereka telah bercerai. Saya pikir, akan lebih pantas jika mereka berdua rujuk, tetapi sayang ambisi kedua orang tua mereka membuat pernikahan mereka tidak indah.


Apalah daya, Presdir Cha si gadis pemurung yang dijuluki Putri Es itu, hanya bisa luluh oleh Kim Jin Hyuk yang berani melangkah maju dengan keren di depan semua eksekutif.

"Ibu Cha, aku ada uang. Ayo kita makan ramyeon lagi."

Hanya sesederhana itu, Presdir Cha bisa tersenyum, dan siapa pun akan tersentuh.



Judul: Encounter / Pertemuan
Sutradara : Park Shin Woo
Penulis: Yoo Young A
Jaringan: tvN
Jumlah Episode: 16 (Selesai)
Tanggal Rilis: 28 November 2018 - 24 January 2019
Pemain: Song Hye Kyo, Park Bo Geum, Jang Seung Jo

You Might Also Like

33 komentar

  1. Biasanya drama yg awalnya bertele-tele, pada saat di tengahnya mulai seru dan semakin tegang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya lebih suka drama yang awalnya menegangkan! Jadi buat nonton drama Encounter ini buat saya butuh komitmen yang besar, karena gak tahan sedikit aja, saya tinggalin..

      Hapus
    2. Haha...sama kalo gitu, mknya saya lbh suka film perang, misalnya kungfu atau tembak2an dari awal sampai akhir tegang terus

      Hapus
    3. kalo gitu bakal cocok dong nonton film terbaru Avengers yang Endgame, itu kan perang, ada banyak superhero yang main.

      Hapus
    4. nonton transformers aja gan,...keren

      Hapus
    5. Transformer keren banget!

      Hapus
  2. Kalau masalah cinta tidak adalagi kata orang kaya atau orang miskin, tapi tidak mungkin lah ada cewe kaya pacaran dengan cowo kere di dunia nyata. Berpikir logis aja karena pada dasarnya semua cewe suka belanja dan senang-senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkinlah, contohnya aku sama kamu, hahaha

      Hapus
    2. ada betulnya juga sih mas diatas,..he-he,..siapa sebenarnya mas di atas itu

      Hapus
    3. Bukan siapa-siapa sih, cuma mempresentasikan kisah cinta beda kasta Presdir Cha dengan Kim Jin Hyuk di dunia nyata! Hahaha

      Hapus
  3. saya ngak begitu perhatian dengan drama Korea Mbak, tapi saya suka sekali akting mereka, apalagi tipe2 wajah wanita orang korea,,,,,uhhhhh.....bikin seneng banget liatnya, soalnya cakep - cakep. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cantik sudah pasti, apalagi Tante Song Hye Kyo pemeran utama di drama ini ceritanya udah jadi janda bisa dapet seorang perjaka. Saking gak ketulungan cantiknya.

      Hapus
    2. mungkin kang nata mau operasi plastik, biar ganteng seperti mereka,..saya bisa loh kang bantuian operasinya,..tapi plastiknya pakai plastik kantong kresek,...wkwkckk,..ha-ha,..canda kang

      Hapus
    3. Jangan baper ya Kang Nata please, lebaran nanti kita maaf-maafan deh *peace*

      Hapus
  4. Judulnya dramanya menarik, encounter...diliat dari ulasannya, satu cerita yang mengesankan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh,..keren filmnya,...bikin baper

      Hapus
    2. Iya kak drama yang satu ini pernah mencapai rating tinggi :)

      Hapus
  5. yang saya suka dari film ini tuh pemerannya itu loh teh,...ganteng dan canti pas banget nih film,...ada film lain tidak teh yang lebih menarik,..ea, kok jadi bahas film lain,...dulu ada yang paling menarik dan lucu itu,..modern farmers teh,..widih kocak banget dah filmnya,..boleh tu teh direview yang nonton dan baca pasti ketawa ngakak,...ha-ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besok bakal ada artikel review drama lagi, udah disiapin kok buat satu minggu ke depan biar saya lebih leluasa blogwalking :)

      Hapus
    2. Widih, perhatian banget teteh sama pembacanya,...😀

      Hapus
    3. Perhatian apaan mas, kan demi trafik blog, hahaha

      Hapus
  6. wah kalau udah bulan madu artis biasanya honymoon nya ke luar negeri kak, kan udah jadi artis papan atas ya sehingga mungkin ingin menikmati sebagai pengantin baru bersama istri tercinta ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gosipnya honeymoon ke Bali, tapi gak tau juga deh. Hahaha

      Hapus
  7. Saya sih gak tahu yah, kalau ibuku dirumah itu kayaknya lebih exicited ke sinetron azab, sumpah heran sih yah,, pengen juga punya ibu, kayak ibu2 pada umumnya yang suka drakor,,, jhahah,
    entahlah mungkin pada dasarnya baik drakor atau sinetron azab, sama2 mengandung unsur drama, yang mungkin memang disukai para wanita jhahahah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sinetron azab lebay keterlaluan. Contohnya: akibat menerima uang caleg lalu nyoblos caleg lain, mati keselek kertas suara. Kan gak masuk akal tuh.

      Hapus
  8. sorry to say... saya tidak boleh terima PBG sebagai hero mungkin kerana beza usianya dengan SHG warrghhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. I can't understand what you say, but thanks for visiting my blog :)

      Hapus
  9. Perlu menonton ini hahahaha. Makasih review-nya, kaks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekomendasi buat yang suka drama romantis :)

      Hapus
  10. i love both of them kyaaa~

    BalasHapus
  11. Waaahh saya ga setuju ama mas Budi di atas.
    Drama serial tuh biasanya seru di awal, membosankan di tengah.
    Apalagi drama serial Korea, awalnya tuh bagusss banget, tapi ditengah-tengah kayak terlalu dipaksakan.

    Meskipun demikian, saya betah-betah aja nontonnya, soalnya kepo terus hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda-beda sih mbak Rey. Buat saya kalau emang sedari awal udah membosankan ya ngapain dilanjutin, ujung-ujungnya malah cinta sepihak, jiehehehe #apaansih

      Hapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!