Review Kdrama: Are You Human?

Mei 03, 2019



Oh Ro Ra, seorang ilmuwan peneliti robot AI harus kehilangan suami dan anaknya secara bersamaan. Suaminya, Nam Jung Woo tiba-tiba dinyatakan telah meninggal, dan anaknya, Nam Shin harus tinggal bersama sang kakek untuk menjadi pewaris generasi ketiga PK Group. Karena tidak diterima sebagai menantu, Oh Ro Ra kemudian pergi ke luar negeri dan hidup menetap di Ceko. Di kediamannya, Oh Ro Ra menciptakan sebuah robot canggih yang menyerupai Nam Shin. 

Kdrama berjudul "Are You Human?" merupakan suatu terobosan di genre Sci-Fi, dimana karya fiksi memadukan sains. Disini penonton hanya perlu menikmati alur, tidak dipusingkan dengan istilah-istilah yang sulit dipahami seperti di film-film barat. Ini cukup memuaskan penonton karena apa yang mereka dapat adalah 'tontonan', bukan sesuatu yang harus diamati, dipahami, bahkan sampai diteliti dengan searching sendiri di internet setelah selesai menonton.

Baca juga:



Menciptakan Sebuah Robot Menyerupai Manusia, Nam Shin III


Nam Shin III, robot ciptaan Oh Ro Ra yang telah melewati serangkaian pemutakhiran.


Keseharian Oh Ro Ra di Ceko memperlihatkan elemen-elemen rumah yang ramah lingkungan, seperti tanaman yang sengaja ditaruh di lab agar banyak oksigen, karena sebagian besar waktu Oh Ro Ra dihabiskan disana. Sinar matahari juga bisa leluasa masuk karena dibutuhkan oleh tumbuhan, serta membuat lab tempat pembuatan robot terasa memiliki nyawa sendiri. Diiringi Original Sound Track yang bernuansa futuristik cocok sekali dipadukan dengan perkembangan si robot. Sempurna! Dengan begitu robot Nam Shin III terlihat hidup.



Dan siapa sangka, bahwa sebuah robot yang dibiarkan hidup berdampingan dengan manusia, ternyata bisa mengembangkan kecerdasannya sendiri? Apakah robot Nam Shin akan mempermudah hidup manusia, atau sebaliknya justru membahayakan?

Kalau dipikir-pikir, mustahil sebuah robot bisa berperilaku sedemikian rupa agar mirip dengan manusia asli. Belum ada teknologi yang mencapai titik itu. Tapi karena ini sebuah drama, menurut saya usaha mereka dalam menampilkan robot Nam Shin cukup bisa kita terima. Perhatikanlah pemutakhiran dari robot Nam Shin I, replika dari Nam Shin yang berusia 7 tahun. Saat itu Nam Shin I tidak bisa leluasa bergerak, sampai ia pun terjatuh setiap kali menuruni anak tangga. Kemudian Oh Ro Ra memberikan alat tambahan sebagai pengatur keseimbangan.

Setelah diluncurkan Nam Shin II, replika Nam Shin di usia remaja, robot itu mempelajari bahwa manusia bisa tersenyum. Maka Oh Ro Ra membuat pemutakhiran dengan membuat Nam Shin III sebagai replika Nam Shin di usia sekarang, 27 tahun. Robot itu bisa tersenyum dan memeluk manusia yang menangis.


Robot Nam Shin III Dikirim Ke Korea Untuk Menggantikan Si Manusia Nam Shin

Di Korea, pada tahun 2018, Nam Shin tumbuh sebagai pria brengsek akibat tidak mendapat kasih sayang dari ibu. Ia menampar seorang pengawal bernama Kang So Bong di depan banyak orang agar publik menganggap dirinya tidak pantas menjadi pewaris, dengan begitu ia bisa leluasa pergi ke Ceko. Pasti kita mengira, tujuan Nam Shin pergi ke Ceko adalah bertemu ibunya, bukan begitu?

Ternyata bukan. Nam Shin telah mendengar bahwa ibunya, Oh Ro Ra menciptakan sebuah robot yang menyerupai dirinya. Maka ia ingin melihat dengan mata kepala sendiri seperti apa robot itu.


Momen sebelum Nam Shin tertabrak dan koma.


Nam Shin memang berhasil menemukan robot itu di pasar. Ia melihat robot itu dengan rasa tak percaya dan tak mengerti, kewaspadaannya hilang, ia berjalan dan tertabrak sebuah truk hingga koma. Supir truk yang menabrak Nam Shin adalah orang suruhan Seo Jong Gil, Direktur Eksekutif PK Group yang menginginkan posisi pewaris.

Selama 20 tahun, Oh Ro Ra hidup terpisah dari anaknya dan kini ia melihat Nam Shin tergeletak di jalan bersimbah darah, dalam keadaan sekarat. Asisten pribadi Nam Shin, Ji Young Hoon meminta Oh Ro Ra untuk merahasiakan kondisi kritis Nam Shin agar tidak diketahui oleh Seo Jong Gil. Maka sejak itulah, Oh Ro Ra mengirim robot ke Korea untuk menggantikan Nam Shin.

Ji Young Hoon, asisten pribadi yang melindungi Nam Shin seperti saudara. 



Konflik Keluarga dan Perusahaan


Nam Gun Ho, kakek Nam Shin, Ketua dari PK Group.

Sepanjang menonton drama ini, saya melihat konflik keluarga dan perusahaan. Kematian Nam Jung Woo masih menjadi misteri. Ketua PK Group, Nam Gun Ho, yang pada awalnya tidak menyukai Oh Ro Ra ternyata diam-diam selama ini mendanai pemutakhiran robot Nam Shin melalui seorang perantara bernama David. Apa tujuan Nam Gun Ho sebenarnya? Apa ia diam-diam menginginkan robot itu? Penasaran kan!

Yang paling aneh disini, mengapa robot Nam Shin bisa mengembangkan kecerdasan sendiri, kemudian saa mengenal Kang So Bong lebih jauh, ia menunjukkan reaksi yang tidak biasa. Padahal normalnya sebuah robot menganggap pria dan wanita adalah sama, tetapi robot Nam Shin jatuh cinta pada Kang So Bong bukan sebagai pria kepada wanita, tetapi sebagai robot yang melindungi tuannya.

Robot Nam Shin III dan Kang So Bong.


Jauh sebelum robot Nam Shin III datang ke Korea, manusia pertama yang ia kenali adalah Oh Ro Ra, yang ia panggil sebagai "Ibu". Ibunya memberi aturan-aturan, seperti memeluk manusia ketika menangis, membatasi kadar kalori dan kafein, dan sebagainya. Maka ketika Kang So Bong mengetahui identitas robot, Kang So Bong menerapkan berbagai aturan agar si robot tetap bisa berpura-pura sebagai Nam Shin asli tanpa ketahuan. Karena Kang So Bong menerapkan pola yang sama seperti cara ibunya berkomunikasi dengan dirinya, maka robot Nam Shin III menjadikan Kang So Bong sebagai tuannya.

Di masa-masa mendatang, drama ini cukup membingungkan penonton tentang siapa yang harus dipercaya. Berikut adalah nasehat Nam Gun Wo pada Nam Shin.

Shin-ah, kau tinggal belajar satu hal lagi maka kau akan sempurna. Sekutumu tidak selamanya sekutumu, musuhmu tidak selamanya musuhmu.

Bingung juga, kan ya?

Dan, siapa sangka. Nam Shin yang selama ini koma, tak ada yang menyadari bahwa dia sadar dan menguping pembicaraan mereka tentang si robot yang menirukan dirinya. Lalu entah karena alasan apa, Nam Shin bersekongkol dengan Seo Jong Gil dengan tujuan yang sama. Seo Jong Gil merasa bahwa robot itu adalah penghalang untuk mendapatkan PK Group, kemudian Nam Shin yang senang mengacau mulai mengendalikan si robot untuk membunuh Kang So Bong dan Nam Gun Ho.

Walaupun di akhir, Oh Ro Ra meninggal saat menyelamatkan robot dari kehancuran yang diakibatkan Nam Shin dan Seo Jong Gil, ending dari drama ini cukup memuaskan. Dulu si robot pernah meminta Oh Ro Ra untuk bisa tersenyum, kini ia ingin bisa menangis.

Robot Nam Shin III, yang telah memiliki jiwa, ia meretas sistem kendali yang digunakan Nam Shin untuk bisa mengambil alih kembali kesadarannya. Kini siapa pun tak akan bisa menghentikannya.


Judul: Are You Human? / Apakah Kau Manusia?
Sutradara: Cha Young Hoon
Penulis: Jo Jung Joo
Jaringan: KBS 2
Jumlah Episode: 36 (Selesai)
Tanggal Rilis: 4 Juni - 7 Agustus 2018
Pemain: Seo Kang Joon, Kim Sung Ryoung, Kong Seung Yon

You Might Also Like

10 komentar

  1. tragis dan penuh liku-likukisahnya ya mbak, dari robot yang ingin bisa tersenyum lalu pengen menangis, dan akhirnya pengen memiliki kendali penuha tas dirinya, jangan-jangan akhirnya dia ingin menguasai dunia nanti, wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas ini benar-benar baca dari awal sampai akhir ya, terimakasih!

      Hapus
  2. wah mbak nya ini penggemar berat film drama Korea ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya orangnya baperan mas budy, kerjanya nonton drama hahaha

      Hapus
  3. Ceritanya seru sekali ya Mbak. Saya kok jadi penasaran banget. KOnfliknya juga tak biasa.
    terima kasih sudah merangkum drakor ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konfliknya itu dapet, menegangkan, seolah penonton yang ada di posisi robot. Manusia mana yang bisa dipercaya.

      Hapus
  4. widih, keren-keren filmnya,..tentang robot pendamping hidup, bacanya bikin saya membayangkan kalau aja film ini ada di dunia nyata ya,..bisa luar biasa ni jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak kali punya pasangan robot, udah segala bisa, gak pernah ngeluh, sempurna!

      Hapus
  5. Ini pertama kalinya saya baca review drama korea. Biasanya lgsg nonton saja.
    Cukup rumit juga ya. Nggak ketebak, kenapa malah ujung-ujungnya Namshin kerjasama dg Soe Jong gil? Il? .. Apa lah itu. Hehe.
    btw, bisa ditonton dimana ya mbak? Kayaknya di drakor udah gabisa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di browser PC/laptop saya biasa streaming di dramaqu.net
      atau kalau di hp android bisa install aplikasi VIU mbak

      Hapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!