Pencernaan Lancar, Kunci dari Perut Rata

November 15, 2019


Sebagai pemilik tubuh mungil (tinggi 150 cm, berat 40 kg), saya gak mau menimbun lemak di perut. Contohnya ketika saya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam, besar kemungkinan perut saya akan jadi buncit karena garam mengikat air yang ada dalam tubuh. Itulah sebabnya saya butuh minuman yang bersifat dietary fiber supaya proses pencernaan tetap lancar.

Apa Hubungannya Pencernaan Lancar, dengan Perut Rata?


Apabila pencernaan tidak lancar, maka tubuh akan kesulitan buang air besar. Inilah yang menyebabkan perut menjadi buncit karena banyak lemak tertimbun disana. Tubuh harus mendapatkan fiber atau serat uang cukup agar pencernaan menjadi lancar.

Saat memiliki masalah perut buncit, saya selalu menyembunyikannya dengan baju longgar, tapi ternyata hal itu membuat saya terlihat lebih pendek. Maka dari itulah saya mulai memperhatikan pola makan untuk menjaga perut tetap rata, agar saya bisa leluasa mengenakan baju yang pas di badan.

Berikut ini adalah kebiasaan yang saya terapkan untuk mencegah perut buncit.

Pagi hari: sarapan dengan teh tawar dan roti yang dipanggang. Teh berguna untuk menetralkan racun-racun yang ada di tubuh kita, selain itu aroma dari teh yang harum membuat pikiran saya lebih jernih untuk mulai bekerja.

Makan siang: menu yang sering saya terapkan adalah tahu, tempe, daging, dan sayuran. Nasi saya batasi sekitar 100 gram, karena jika saya terlalu banyak makan nasi, dampaknya jadi mudah mengantuk. Padahal pekerjaan masih banyak yang menanti dan rasa ngantuk tidak selalu bisa dihilangkan dengan kopi.

Makan malam selalu saya lakukan di jam 18.00, lewat dari itu hindari makanan berat atau cemilan instan. Menu favorit saya adalah ayam bakar, selada, dan sambal. Saya tentu menambahkan nasi tapi dengan porsi yang dibatasi. Karena sudah kebiasaan, jadi setiap kali mendekati jam 18.00 saya sudah mulai merasa lapar dan harus mulai menyiapkan makan malam.

Cemilan yang paling saya sukai adalah jenis makanan tradisional, seperti pecel bumbu kacang. Menu yang terbuat dari macam-macam sayuran ini terasa nikmat jika disajikan pedas. Selain itu kelebihannya pecel ini mengandung serat dan protein.

Kalo diperhatikan, pola makan yang saya terapkan ini hampir menyerupai metode diet mayo, yaitu jenis diet yang mengeliminasi garam dan karbohidrat. Jika dilakukan rutin dalam 13 hari saja, maka berat badan tidak akan mudah naik karena kondisi kimia dalam tubuh sudah seimbang. Pantas saja ya, berat badan saya tidak pernah melebihi 40 kg kecuali saat hamil.

Kekurangannya saya masih curi-curi kesempatan mengkonsumsi jajanan tidak sehat yang digoreng dan pakai MSG, sehingga saya belum mencapai tubuh ideal, perut yang sudah rata bisa jadi buncit lagi. Jika sudah mulai susah buang air besar, saya mengakalinya dengan minuman sehat dari Yoforia.

Saya Minum Yoforia Untuk Bantu Meratakan Perut





Menurut penelitian yang dilakukan University of Tennessee, Knoxville, mereka yang mengkonsumsi yogurt dalam jumlah banyak terbukti menghilangkan 22 persen berat badan dan 81 persen lemak di perut dibanding pediet yang menjauhi makanan ringan. Saya sangat suka minum yogurt dari Yoforia, terutama di malam hari sebagai teman menulis artikel blog atau seusai melakukan peregangan sebelum tidur. Yoforia juga sangat dianjurkan diminum setelah berolahraga untuk memulihkan energi.

Apa kelebihan Yoforia?

Live Probiotics
Yoforia adalah fresh yogurt yang memiliki live probiotics dan tidak melalui proses pemanasan apa pun atau UHT sehingga manfaatnya lebih terjaga karena bakteri baik di dalamnya tetap hidup. Live probiotics ini berguna untuk membantu tubuh kita lebih mudah mencerna makanan.

Lebih Mudah Dicerna
Beberapa orang memiliki tubuh yang tidak mentoleransi laktosa pada susu, sehingga mereka menghindari susu dan yogurt karena bisa sakit perut. Gak usah takut! Laktosa di dalam Yoforia telah diubah menjadi asam laktat, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak membuat perut sakit.

Tidak Terlalu Asam
Terkadang saya malas minum yogurt karena walau sudah gonta ganti rasa pun rasanya terlalu asam. Namun kini saya tidak perlu mengkhawatirkan soal rasa, karena Yoforia menggunakan live probiotics khusus, sehingga rasanya tidak terlalu asam dan lebih creamy dibanding yogurt lain. 

Banyak varian rasa yang unik
Saya paling suka yogurt dengan rasa leci, maka favorit saya adalah rasa terbaru dari Yoforia, yaitu Lychee Blast. Selain itu juga tersedia Coffee Cream untuk kamu yang menyukai kopi, dan Sursoup Bliss yang mengingatkan kita pada kesegaran buah sirsak.

Bahan pertimbangan lain yang membuat saya ingin terus mengkonsumsi Yoforia adalah karena ia mudah sekali didapat. Tak perlu pergi ke supermarket, untuk saya bertempat tinggal agak pelosok pun, Yoforia sudah bisa didapat di warung terdekat! Keren banget.

Apabila kamu juga bermasalah dengan perut buncit, yuk mulai konsumsi fresh yogurt dari Yoforia, untuk menjaga pencernaan tetap lancar dan menghindari susah buang air besar.

Referensi:
https://yoforia.id/tips-melawan-perut-buncit/
Artikel ini diiikut sertakan dalam Yoforia Lomba Blog 2019

You Might Also Like

32 komentar

  1. Klo gak terlalu asam bole dicoba nih. Soale lidah saya sensi ma yang asam2

    BalasHapus
  2. Amazing post! :)

    http://redamancyy.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. wah, bagus ni untuk saya, sekalian cuci perut hehehe, lama ndak ke sini mbak

    BalasHapus
  4. Boleh di coba ni caranya mbak,sama bisa untuk menyemangati temen-temen saya atau doi saya yang mau diet haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tingkat keberhasilan akan jauh lebih besar kalau diet dilakukan bersama pasangan, teman kantor, atau anggota keluarga :)

      Hapus
  5. Eh beneran ya, saya liat di yutubnya Yulia Baltsun atau Batsun atau apa deh itu tulisannya hahaha, memang kuncinya tuh pencernaan kudu sehat, jadi lancar dan nggak nimbun lemak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya terinspirasi dari selebgram yang menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya makanya dia sampe punya bodygoal (bentuk tubuh impian semua orang)

      Hapus
  6. Saya penggemar yogurt.
    Yang rasa lychee ini kelihatannya enak banget.

    BalasHapus
  7. Salam kenal Kak Dewi.. aku pernah minum Yoforia yang rasa sirak, menurutku enak sih, asem manisnya pas.,, :), makasih kak informasinyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ya Menik.. makasih udah visit blog aku ya, waaah sepertinya aku juga pengen nyobain rasa sirsak soalnya kemarin baru beli lagi yang blueberry.

      Hapus
  8. Balasan
    1. Ayo kak harus rajin olahraga dan berdiet :)

      Hapus
  9. Butuh inii
    Perutku semakin mengkhawatirkan huhuhu

    BalasHapus
  10. Saya suka yogurt yang gak terlalu asam. Dan belum pernah juga nyobain yoforia.

    Saya malah ngemil dulu sebelum tidur jam 2, Setelah pulang kerja shift siang, Kan jadi lapar ya, makanya kayaknya perut dah mulai buncit nih,. Bukannya dompet yang buncit, eh malahan perut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalkan cemilan nya yang sehat-sehat sih sebenarnya gpp, seperti jus buah atau salad. Wah suka pura-pura nih mas hendra bukannya dompet udah buncit ya? Hehehe

      Hapus
  11. Teh, boleh tlg bantu komen di blog saya yang lain... : tanyakenapadotwebdotid.... artikel tentang pelayanan retur asuransi pengiriman.

    Terima kasih.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya kurang mengerti soal asuransi, tapi kalo boleh OOT gpp lah ya, hahaha

      Hapus
  12. sedih banget untuk mengakui bahwa saya pun sekarang udah rentan perut buncit kalau makannya gak dijaga. tapi alhamdulillah metabolisme tubuh masih bisa disebut cepat. stress dikit juga kurusan lagi. normal lagi. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. you are impossible to get perut buncit for skinny people size!

      Hapus
    2. it is possible. it happened once. i'll show you the picture.

      Hapus
    3. show me just in case you already get ABS.

      Hapus
  13. Sesama bertubuh mungilll... XD

    BalasHapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!