WEBTOON The Second Marriage, Ratu yang Menikah Lagi

Juli 05, 2020



Slogan Webtoon The Second Marriage berbunyi, "Karena aku adalah ratu maka aku berhak menentukan siapa rajaku."

Navier, Ratu Kerajaan Timur, memperlihatkan sisi lain dari wanita bangsawan. Berpendidikan, tidak melibatkan emosi, tetapi memiliki hati penyayang.
Keluarga Troby telah melahirkan banyak ratu. Artinya, Navier memang terlahir untuk menjadi ratu.
Hingga pada suatu hari, suaminya, Raja Soviech, mendatangkan selir bernama Raszta.
Navier terancam digulingkan dari posisi ratu karena Soviech meminta cerai.

Webtoon The Second Marriage, Komik Bertema Pelakor


Soviech dan Navier adalah teman sedari kecil dan mereka menikah secara politik. 
Mereka berdua sering mendiskusikan berbagai hal tentang bagaimana mengatur negara. 

Hingga pada suatu hari saat Soviech pergi berburu, seorang budak yang melarikan diri terluka oleh jebakan mangsa. 
Pada saat itulah Soviech jatuh cinta pada kecantikan 'hasil buruan'-nya. 
Soviech menyebutnya sebagai 'wanita' bukan 'budak'.

Ia bernama Raszta. Tingkah lakunya yang lugu dan polos dianggap menarik oleh Soviech, tetapi dianggap 'tidak sopan' oleh kalangan bangsawan. 
Para dayang kerajaan berasal dari keluarga bangsawan dengan kedudukan setara atau lebih rendah, mereka berusaha mati-matian untuk mendapat posisi di istana yang merupakan sebuah kehormatan.
Tetapi Raszta dengan entengnya bilang, "Aku menjadi pelayan karena tidak mau menjadi beban."

Bukan hanya itu, Raszta juga berani memanggil Ratu Navier dengan sebutan "Kakak" karena mereka berdua memiliki suami yang sama. 
Menurut hukum kerajaan, selir tidak dianggap sebagai anggota keluarga. 
Bahkan anak-anak dari selir tidak akan mendapat gelar pangeran atau putri, meski keberadaan mereka tetap diakui oleh para bangsawan. 

"Panggil aku 'Yang Mulia Ratu'," tegas Navier dengan ekspresi datar dalam cerita Webtoon The Second Marriage. Jika penasaran, bisa unduh aplikasi Line Webtoon dari Playstore.

Walaupun dari luar, Navier seperti gunung es, tetapi sebenarnya ia sosok wanita penyayang. 
Salah satu dayang bernama Laura memarahi Raszta agar lebih menjaga etika. 
Tetapi Raja Soviech menghukum Laura dengan alasan 'berbuat kasar pada wanita lemah'. 
Laura dipenjara tiga hari dengan roti dan air. 
Setelah masa hukuman habis, Navier menjemput, memandikan, dan menyediakan makanan kesukaan Laura. 
Navier mengijinkan Laura istirahat di rumah hingga siap bekerja kembali.

Di kala istana sedang ramai oleh kedatangan selir, Navier mengalihkan pikiran dengan bertukar surat secara anonim melalui burung pengantar pesan dari Kerajaan Barat. 
Pada perayaan Pesta Tahun Baru, Navier akhirnya bertatap muka dengan Pangeran Heinry. 
Lucunya, si Raszta sempat mengaku bahwa ia adalah teman surat yang dicari Pangeran! 
Hmm, namanya juga pelakor, seolah tidak cukup merebut suami orang.

Webtoon The Second Marriage Diangkat Dari Novel Remarried Empress


Karena penasaran dengan kelanjutan cerita, saya akhirnya membaca versi novel cerita ini berjudul Remarried Empress (Permaisuri yang Menikah Lagi) melalui aplikasi Wattpad. Dari awal sampai akhir pembaca terus menerus dibikin gereget karena kelakuan Raszta si pelakor, dibarengi rasa penasaran bagaimana proses Ratu Navier bisa menikah dengan Pangeran Heinry yang disebut-sebut sebagai penerus tahta Kerajaan Barat

Dalam Webtoon The Second Marriage, Navier digambarkan selalu berpakaian merah. Menurut dugaan saya, itu sebagai simbol monarki Kerajaan Timur. Yang menarik disini, hari ulang tahun Navier berdekatan dengan perayaan tahun baru. Terlalu berlebihan jika mengadakan pesta berbeda secara berurutan. Ulang tahun Navier dirayakan dengan cara makan malam sederhana bersama keluarga.

Kalau saya pribadi, merayakan ulang tahun dengan cara mukkbang sendirian kadang ajak seseorang. Soalnya ulang tahun saya juga berdekatan dengan tahun baru, jadi kalo mau mengadakan pesta atau liliwetan budaya Urang Sunda, teman-teman gak semuanya hadir karena pada pergi liburan :')

Navier sebagai permata bernilai tinggi sering kita temui di kehidupan nyata, tetapi gagal dikenali karena tidak memiliki gelar atau berkedudukan tinggi. Ketika suami berselingkuh, istri cenderung memaafkan dan berharap suaminya berubah meski sebenarnya itu hanya masalah bom waktu. Bahkan ada istri yang rela dimadu demi mempertahankan citra rukun di mata orang lain.

Sedangkan sosok Soviech (atau Sovieshu, versi novel) sudah lumrah, seperti halnya seorang raja yang bisa memiliki banyak selir, suami yang berselingkuh juga seringkali dimaklumi dengan pembelaan poligami.

Raszta (atau Rashta, versi novel) merupakan heroin yang ada dimana-mana. Cantik tapi tidak bermoral, telah menjadi candu bagi pria-pria tinggi hati yang tak pernah puas dengan memiliki satu. Sebagaimana kecantikan yang bisa menjadi racun, mabuk cinta tanpa mempertimbangkan aspek lain hanya akan berujung pada kehancuran.

Kalau Pangeran Heinry.. (atau Heinley, versi novel) ah, sudahlah!
Dari aspek mana pun jelas dia full hanya ada dalam cerita dongeng.
Desas desus mengatakan ia seorang wanita, karena Heinry tampan dan cantik sekaligus.
Selain itu, ia merupakan siswa terbaik lulusan akademi sihir.
Rupawan, bertalenta, dan memiliki posisi berpengaruh adalah gambaran kesempurnaan tanpa cela yang dipresentasikan oleh program hiburan.

Tetapi kalau itu hanya kisah Heinry dengan Navier, bolehlah kita terima.
Membandingkan karya fiksi dengan kehidupan nyata adalah pekerjaan tiada akhir, karena pesan moral dari cerita ini sesungguhnya tentang kesempurnaan seorang wanita.

Webtoon The Second Marriage memperlihatkan bahwa wanita sempurna tak hanya cantik dari luar, tapi juga berpendidikan serta bermartabat. Bukan tidak mungkin dengan ambisi setinggi-tingginya, mengejar gelar atau pekerjaan bergengsi akan mengantarkan wanita pada pria yang sepadan. 

You Might Also Like

2 komentar

  1. hahahaha, saayy dirimu kok ya nemuuu aja bacaan pelakor :D
    Menarik juga nih dibaca, tapi takutnya malah baper sendiri :D

    Terlebihhhh nih ya, entah mengapa, saya itu lebih mengingat cerita yang saya baca, ketimbang film yang saya tonton, rasanya kalau dibaca tuh lebih butuh hayalan tingkat tinggi, jadinya keingat terus di pikiran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya namanya juga orang Indonesia mbak, bahas pelakor seru hahaha
      Kalau saya tiap kali selesai menonton atau membaca cerita yang menarik, saya tuliskan pendapat saya berikut dengan kabaperan-nya lalu saya akhiri dengan "selesai"
      Dengan begitu agak terbantu, jadi gak kebayang-bayang terus dan bisa melanjutkan ke tontonan/hiburan lain yang lebih baper wkwkwkwk

      Hapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!