Daftar Prakerja Gelombang 5: Begini Cara Daftarnya di prakerja.go.id

Agustus 15, 2020


Daftar Prakerja Gelombang 5 telah resmi dibuka hari ini, Sabtu 15 Agustus 2020. Untuk peserta Kartu Prakerja yang telah lolos tes, tombol Gabung akan tersedia di Dashboard prakerja.go.id mulai dari jam 12.00. Peserta yang tidak lolos pada gelombang 4 juga bisa ikut mendaftar. 

Kartu Prakerja adalah program yang disediakan Presiden Joko Widodo untuk mengurangi angka pengangguran, terutama karyawan yang terdampak oleh Covid-19. Peserta yang mengikuti program Kartu Prakerja bisa mengikuti macam-macam pelatihan keterampilan. Setelah itu, peserta akan menerima insentif untuk persiapan bekerja. 

Daftar Prakerja Gelombang 5, Ini Pengalaman Saya

Ketika muncul Prakerja Gelombang 1, saya tidak mendaftar karena penghasilan saya masih cukup untuk pengeluaran rutin. Saya pikir, biarlah bantuan tersebut untuk orang yang lebih membutuhkan. Namun, ketika pandemi Covid-19 belum juga berakhir, penghasilan saya mulai berdampak. 

Pekerjaan utama saya saat ini adalah freelancer atau buruh lepas. Saya menjadi content creator tetap untuk Galuh ID, situs berita seputar Ciamis. Bulan Agustus 2020 ini, Tasikmalaya diserang cuaca dingin yang ekstrim sehingga kesehatan saya menurun. 

Akibatnya, saya tidak bisa bekerja selama satu minggu dan uang simpanan habis dipakai berobat. Saya punya riwayat asam lambung. Setelah kondisi saya sudah sepenuhnya pulih, saya daftar Prakerja Gelombang 5 dengan tujuan mengasah keterampilan yang saya miliki. 

Dengan keterampilan yang semakin meningkat, harapan saya bisa menambah penghasilan agar saya bisa menabung untuk dana darurat. Misalnya ketika saya jatuh sakit, saya punya dana aman agar tagihan rutin tetap terbayar. 

Baca juga Strategi Keuangan: Lunasi, Investasi, dan Proteksi

Mengikuti Tes Tahap Awal

Sebelum daftar Prakerja Gelombang 5, kamu harus punya akun dulu dan akan dihadapkan pada tes tahap awal yang berlangsung 25 menit.

  • Buka situs prakerja.go.id dari browser. 
  • Untuk yang sudah punya akun bisa langsung Login dengan mengisi email dan password.
  • Sedangkan untuk yang belum punya akun, pilih Daftar dan isi formulir SAMA PERSIS dengan data KTP. 
  • Apabila alamat tempat tinggal tidak sama dengan KTP, maka sebaiknya update KTP kamu terlebih dulu atau kamu bisa langsung memasukkan alamat sesuai KTP, yang penting bisa dipertanggungjawabkan.
  • Nomor HP yang kamu input sebaiknya adalah nomor yang akan selalu aktif dan tidak boleh sampai hangus. 
  • Setelah selesai mengisi formulir, kamu harus akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi. 
  • Masukkan kode tersebut ke halaman prakerja.go.id, kode ini hanya berlaku selama 15 menit.
  • Setelah verifikasi selesai, selanjutnya kamu akan mengikuti tes. 
  • Jawab pertanyaan dengan tenang, kalau bisa di tempat yang tidak berisik  karena ada tes kepribadian yang akan menentukan kelayakan kamu bergabung. 
  • Ada juga soal matematika lho, jadi siapkan alat tulis untuk bikin coretan. 
  • Setelah selesai, tunggu informasi selanjutnya.  


Saya mendaftar pada tanggal 14 Agustus lalu, dan hari ini tanggal 15 Agustus ketika saya login, saya menembukan tombol Gabung untuk Daftar Prakerja Gelombang 5: Pendaftaran dibuka sampai tanggal 19 Agustus 2020, maka untuk kamu yang belum daftar, ayo segera buka prakerja.go.id!

Mengikuti Program Pelatihan

Berdasarkan informasi yang saya kumpulkan dari Peserta Prakerja Gelombang 1-4, peserta yang terpilih akan diberi insentif untuk pembiayaan program pelatihan. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui video instruktur. 

Setelah daftar prakerja gelombang 5, kita bisa memilih jenis-jenis pelatihan yang kita mau. Kalau saran saya sebaiknya mengasah keterampilan yang sudah ada. Karena jika kita mempelajari keterampilan baru, belum tentu bisa langsung dikuasai dalam waktu dekat. 

Pada gelombang kelima ini, Kartu Prakerja hanya akan memilih 800.000 peserta. Jumlah ini lebih kecil dibanding gelombang keempat lalu, ada 1.2 juta orang yang lolos. 

Saat ini, dashboard prakerja di akun saya bertuliskan "Pendaftaranmu Sedang Kami Evaluasi." Apabila saya lolos dan bisa mengikuti program pelatihan, saya akan memberi kabar di artikel saya selanjutnya. Doakan ya temans, ini juga merupakan salah satu motivasi agar saya konsisten menulis di blog.

Baca juga: Trik Agar Blogger Bisa Hidup Tenang Bebas Omelan Tetangga

Persiapan Metode Pembayaran untuk Insentif

Sembari menunggu, saya juga mempersiapkan OVO Premium. Peserta Prakerja yang lolos dan telah menyelesaikan pelatihan akan diberi insentif rutin selama empat bulan. Pencairan dana prakerja bisa menggunakan BNI, LinkAja, atau OVO.  

Kalau kamu punya rekening BNI, disarankan harus rekening yang atas nama kamu sendiri, bukan atas nama orang lain meskipun itu orang tua atau saudara kandung. Terus kalau kamu pakai aplikasi LinkAja dan OVO, nomor yang digunakan pada aplikasi harus nomor yang sama saat mendaftar Prakerja. 

Untungnya, sebelum Daftar Prakerja Gelombang 5 saya sudah punya OVO dengan nomor yang sama. Jadi saya tinggal upgrade dari OVO Club ke OVO Premium supaya bisa mendukung pemindahan dana ke rekening bank lain lalu ditarik tunai. Dana ini nantinya digunakan untuk mengurus persiapan bekerja.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Hahahaha, saya iseng ikutan dong, tapi nggak tahu lolos atau enggak ya? soalnya saya jujur bilang bukan pengangguran karena covid :D

    Sekarang lagi dievaluasi.
    Gara-garanya liat postingan dirimu di FB, terus pas lagi buka laptop, iseng searching, jadilah sekalian daftar, kali aja kepilih, lumayan dapat tambahan ilmu pelatihan, dan semoga juga bisa nambah link kerjaan.

    Biar kata dari rumah aja, semoga saya pun bisa berkarya dan mendapatkan uang, aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mbak Rey daftar Gelombang 6, pengumumannya bisa dilihat mulai dari tanggal 31 Agustus karena setau saya hari terakhir pendaftaran tanggal 30. Pasti degdegan ya udah gak sabar wkwkwk
      Harapan saya semoga Kartu Prakerja tepat sasaran, bisa mengurangi angka pengangguran, dengan keahlian yang semakin terasah apalagi kalo bisa menghasilkan uang dari rumah keren tuh :)

      Hapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!