Skincare untuk Mencerahkan Wajah versi Ratu Elsa




Tidak mau kulit terlihat kusam, saya pakai skincare untuk mencerahkan wajah. Walaupun pakai domain embel-embel 'ratu' tapi kenyataannya saya masih pakai produk lokal yang harganya terjangkau. Saya tidak berpikir bahwa produk bagus itu harus mahal, karena saya suka mencoba produk baru, dan kalau kita bisa mendapatkan manfaat sama dengan budget minim, maka disitulah kita beruntung. 

Lagipula, keuangan itu kan ada masa-masa surutnya. Tidak selama seorang ratu seperti saya harus pakai skincare sultan hahaha maafkan guys, bercanda gak ada rem. Secara gitu lho sekarang lagi pandemi, mau uang berapa pun benar-benar berharga. Tapi, semiskin-miskinnya saya toh, melewatkan skincare tidak boleh! Karena ada banyak sekali produk murah meriah yang masih ngefek bikin kulit glowing. 

Sebelum masuk ke review produk, nih saya kasih tahu dulu urutan skincare routine harian.

PAGI: Face wash - Toner - Moisturizer - Sunscreen
MALAM: Micellar Water - Face Wash - Toner - Moisturizer
MINGGUAN: Face Scrub - Sleeping Mask

Purbasari Clean Face Micellar Water 3 in 1 Rp 15 ribu


Malam hari, sebelum face wash, saya pakai micellar water dulu dengan kapas. Micellar water tuh penting banget untuk mengangkat sisa sunscreen dan make up. Kalau cuma face wash, bersihnya jadi gak maksimal jadi dianjurkan double cleansing dalam rangkaian skincare untuk mencerahkan wajah. 

Purbasari Clean Face Micellar Water bisa menghapus make up, mencerahkan, dan menutrisi kulit. Kemasannya pink lucu gitu, terus aromanya kayak sirup ABC rasa jeruk. Agak kurang suka sih sama aromanya, tapi lumayan ampuh menghapus make up yang waterproof kayak mascara dan lip tint. Udah gitu dia gak meninggalkan rasa lengket atau gimana. 

Scarlett Whitening Facial Wash Rp 75 Ribu


Skincare untuk mencerahkan wajah adalah sabun wajah dari Scarlett. Tahu dong, produk kecantikan dari Felicya Angelista ini booming banget sampai meracuni semua influencer. Sabun wajah dari Scarlett ini kemasannya slim, dengan tutup botol fliptop anti tumpah. Teksturnya kayak gel, ada butiran scrub warna pink dengan disertai kelopak bunga mawar. 

Mengandung glutathione dan vitamin e. Keunggulan dari face wash ini tidak mengandung SLS, sehingga selesai mencuci muka, saya tidak merasa wajah seperti ketarik-tarik kayak pakai face wash lain. Saya menyukai face wash ini karena bisa membersihkan kulit namun tetap lembab. 

Pas ketemu mantan, saya dibilang masih cantik padahal cuma pakai face wash ini doang. Entahlah ya, mungkin modus pengen balikan. Tapi emang face wash ini bagus, karena setiap kali menstruasi di wajah saya suka muncul jerawat. Pakai face wash ini, jerawat saya cepat hilang dan nyaris tidak meninggalkan bekas noda gelap (seperti mantan).

Oya, saya juga pernah bikin Review Scarlett Brightly Ever After Serum. Bagi saya, serum itu seperti booster untuk memaksimalkan skincare. Pemakaiannya tidak wajib, tapi kalau dipakai, proses mencerahkan wajah jadi lebih cepat.

Emina The Bright Stuff Toner Rp 16 Ribu


Setelah face wash, melanjutkan skincare untuk mencerahkan wajah saya pakai Emina The Bright Stuff Toner. Sebenarnya ini skincare untuk remaja, kadang saya malu sama umur yang udah mau 30 masih aja suka kemasan lucu. Gak apa-apa, yang penting produknya masih ngefek di kulit. Untuk toner dari Emina ini kegunaannya menyegarkan kulit, menutrisi, dan mencerahkan. 

Emina The Bright Stuff Toner sekarang udah kemasan baru dan jauh lebih cantik dari versi sebelumnya. Teksturnya sama kayak air bahkan bening tak ada warna. Mengandung niacinamide yang dapat mencerahkan kulit dan memudarkan bekas jerawat. Cara pakainya diteteskan ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk ke wajah karena toner ini bersifat hydrating. 

Saya tuh paling boros di toner. Karena bekerja di depan komputer, kulit jadi gampang kering akibat radiasi. Makanya saya pindahkan Emina The Bright Stuff Toner ke botol spray, biar kalo lagi pengen marah-marah, semprotkan aja ke wajah. Kan jadi adem, marahnya nggak jadi. Udah gitu wanginya kalem sih menurutku. Mungkin emang syle-nya anak muda.

Pond's Juice Collection Moisturizer Orange Nectar  Rp 16 ribu


Kalau soal pelembab, skincare untuk mencerahkan wajah saya suka moisturizer dengan tekstur gel. Karena gel itu gampang menyerap, dan kalau saya lanjut pakai make up, wajah serasa licin. Tidak perlu pakai primer, karena membaurkan foundation jadi lebih gampang rata. 

Pond's Juice Collection Orange Nectar + Vitamin C ini murah meriah, harganya pun cuma 16 ribu untuk kemasan mini tube. Gampang dibawa-bawa, suka saya simpan di tas malah. Saking entengnya. Formulanya oil-free, gak bikin kulit hinyay, cepat menyerap. Mencerahkan lumayan ada efeknya keliatan. Tapi sayangnya, kurang melembabkan. 

Y.O.U Tone Up UV Elixir Sunscreen SPF 50+ PA++++ Rp 65 ribu


Walaupun bekerja di dalam ruangan, saya tetap pakai tabir surya alias sunscreen. Sinar matahari tetap bisa menyebabkan kulit kusam walaupun kamu cuma di dalam ruangan. Sinar matahari juga bisa memicu keriput muncul lebih cepat. Makanya saya cegah dari sekarang dengan memakai YOU Tone Up UV Elixir Sunscreen. 

Kemasannya elegan berkelas kayak produk Korea, guys. Saya tertarik beli sunscreen ini karena mengandung hyaluronic acid, senyawa yang bisa mengikat air. Berkat sunscreen ini, kulit saya yang tadinya kurang lembab jadi tertolong. Sunscreen ini juga berwarna ungu, sehingga bisa memberi efek tone up pada kulit yang kusam. 

Saat pertama kali dioleskan ke wajah, ada efek medok alias whitecast. Tapi cuma sementara, karena setelah dibiarkan, produk akan menyatu dengan kulit. 

Y.O.U Simply Bright Facial Scrub Rp 27 ribu


Untuk perawatan mingguan, saya menggunakan YOU Simply Bright Facial Scrub sebagai eksfoliasi. produk ini mengklaim dapat membersihkan kotoran hingga ke pori-pori, mencerahkan kulit, dan memberi hidrasi. Alasan saya tertarik mencoba adalah karena facial scrub ini mengandung hyaluronic acid yang menjaga kelembaban kulit. 

Produk apa pun yang mengandung hyaluronic acid, saya selalu tergoda membeli. Kulit saya sebenarnya kombinasi tapi kalo lagi kering, jadi makin kusam. Makanya saya membutuhkan kandungan ini agar kulit tetep keliatan seger dan gak cepat muncul keriput. 

Habis pakai facial scrub, saya bilas sampai bersih. Kemudian lanjut ke sleeping mask.

Viva Waterdrop Sleeping Mask Rp 25 ribu


Sebenarnya sleeping mask ini saya dapat gratis dari Irma, katanya dia pakai ini jadi bruntusan. Tapi di saya nggak dih. Memang sih kalau dipakai bareng skincare dengan niacinamide tinggi ada rasa perih di wajah, makanya saya pakai sleeping mask ini setelah facial scrub. Jadi gak ada rasa perih, bikin kulit adem. 

Saya suka konsepnya "waterdrop" yang memberi hidrasi secara maksimal sepanjang malam, dan formula "moisture lock" mengunci kelembaban saat tidur. Bagi saya, kulit glowing itu harus lembab supaya bisa keliatan segar dan merefleksikan cahaya. Mengandung collagen, aloe vera, dan spirulina, semua yang saya butuhkan ada di dalamnya tapi ya Allah.. kadang suka teu purun alias malaz. Semangatin aku dong kaka~

Posting Komentar

8 Komentar

  1. ternyata ada banyak juga ya mba Elsa scincare yang harganya tidak terlalu mahal, cocok banget untuk kantong anak kos - kosan, hi-hi

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahu aja nih mas kuanyu, setelah lengser dari jabatan ratu saya kemudian jadi anak kost wkwk

      Hapus
  2. Baru tau banget kalau Purbasari pun punya micellar water hihihi

    Kalau aku ga telaten pakai banyak skincare mbak, paling micellar, facial wash, sunscreen sama acne cream aja, kalau lg males acne creamnya aja aku skip hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga kadang suka lupa pakai micellar. tapi kalo lagi pengen, pasti dipakai malem-malem sebelum face wash.

      Hapus
  3. Astagaaaaa, ini mah rata-rata super terjangkau, banyak ya macemnya say.
    Kalau diriku beragam juga, ada yang lumayan mihil buatku, ada yang sangat terjangkau.
    Yang lumayan mahal itu bisa ditebak, kalau bukan endorse ya isi socobox hahahahaha.

    Alhamdulillah kulit wajah saya memang mem badak banget, alias jarang banget punya efek yang kurang baik meski gonta ganti skin care.

    Diriku juga lagi konsisten untuk rajin pakai skin care, terutama malam hari biar kulit tetap sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp gonta-ganti skincare, karena kebutuhan kulit kita berubah-ubah seiring perkembangan usia, perubahan cuaca dan lingkungan. Asal diperhatikan aja bahan-bahan yang gak boleh dipakai bareng, dan jangan sampe ada skincare mubajir..^^

      Hapus
  4. Buatku skincare juga ga harus mahal, tp hrs sesuai Ama kebutuhan kulit :). Mahalpun blm tentu cocok di kita. Aku pernah ngalamin pake produk premium dari Jepang, tp 2 THN pemakaian, hasilnya biasa aja.. makanya aku stop, terlebih mahalnya sepaket bisa 2 digit :p.

    Eh giliran pake produk yg terjangkau malah cocok. Hahahah nyesel kan, kenapa ga dari dulu pake yg terjangkau :D. Kebayang berapa bnyk uang yg bisa dihemat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalanan menemukan skincare yang tepat emang perlu trial and error. Seenggaknya kita jadi tahu ingredient apa aja yang bekerja dan tidak bekerja di kulit kita. Apalagi kesini-kesini makin banyak skincare lokal yang komposisinya terinspirasi dari produk mahal.

      Hapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!