Pengalaman Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja (Penulis Non-fiksi, Database Pelanggan, dll)



Saya mau cerita soal pengalaman mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja di bulan Oktober tahun 2020. Waktu itu saya baru bercerai dan mulai bekerja sebagai content writer untuk media berita Ciamis. Karena profesi penulis membutuhkan suasana yang tenang, saya ngekost di lingkungan asing dimana belum ada orang mengenal siapa saya. Pada momen tersebut, saya mempelajari beberapa keterampilan baru.

Berkat informasi dari orang-orang media, saya bisa langsung mendaftar Kartu Prakerja begitu gelombang baru mulai dibuka. Beruntung saya lolos, sehingga bisa mengikuti berbagai pelatihan dan mendapatkan insentif untuk menutup biaya operasional di awal perjalanan karir sebagai penulis. 

Teknik Story Telling & Creative Writing untuk Non Fiksi



Materi pertama yang saya ambil berasal dari platform Skill Academy by Ruangguru. Dari pengalaman mengikuti pelatihan Kartu Prakerja seputar kepenulisan non-fiksi, saya merasa terbantu. Setelah mempelajari materi ini, saya bisa belajar bagaimana memanfaatkan keahlian menulis untuk menghasilkan uang.

Secara umum, saya belajar tentang:

  • Pemahaman soal creative writing.
  • Jenis-jenis tulisan yang diminati orang.
  • Rumus penting dalam penulisan bercerita atau story telling.
  • Masalah umum yang dihadapi penulis.
  • Penerapan teknik story telling untuk memasarkan brand dan karir kepenulisan.


Materi yang disampaikan oleh Meutia Azzura ini mudah banget dipahami, rasanya seperti menonton hiburan karena proses belajar terasa menyenangkan. Apalagi waktu itu saya sudah mulai menjadi content writer, sehingga materi yang saya pelajari bisa langsung saya praktekkan.

Tiga bulan kemudian, saya mendapat tawaran bekerja dari media berita lain. Kebetulan lokasi kantornya di Tasikmalaya, kota kelahiran saya. Menariknya, kantor tersebut juga dekat dengan area kos-kosan sehingga saya bisa pindah kesana. 

Mengelola Database Pelanggan



Belajar mengelola database pelanggan juga termasuk ke dalam pengalaman mengikuti pelatihan Kartu Prakerja yang saya miliki. Materi dari platfomr STUDiLMU ini dianjurkan bagi orang yang menjalankan bisnis jual beli atau jasa. Menurut Heria Windasari, data pelanggan bisa menjadi aset penting bagi perusahaan.

Secara garis besar, saya belajar tentang:

  • Pengertian Database Pelanggan.
  • Manfaat Database Pelanggan bagi perkembangan perusahaan.
  • Contoh-contoh penggunaan Database Pelanggan dalam program layanan.
  • Kendala-kendala dalam membangun Database Pelanggan
  • Langkah-langkah membangun Database Pelanggan.
Ngemeng-ngemeng, sebelum bercerai saya membubarkan karyawan. Saya nyaris tidak punya apa-apa selain database pelanggan online shop yang saya jalankan dari tahun 2014. Dengan mempelajari data-data pelanggan inilah, saya bisa tetap menjalankan online shop sebagai pemasukan tambahan di masa pandemi. 

Strategi Beriklan di Internet untuk Usaha



Saya kembali ke Skill Academy by Ruangguru karena akses loading lebih ringan dan cepat dibanding platfom lain. Dengan harapan bisa melanjutkan online shop, saya pun mengikuti pelatihan Kartu Prakerja yang dibimbing oleh Ivan Suganda. Di masa pandemi kita tidak mengandalkan pemasukan dari satu sumber lho guys. Walaupun saya bekerja sebagai content writer, tetap meluangkan waktu untuk promosi barang sesekali. 

Topik yang dibahas kurang lebih:
  • Mengenal apa itu internet marketing.
  • Menentukan dasar bisnis.
  • Menentukan market fit dan persona. 
  • Menentukan strategi berjualan. 
  • Membuat content writing dan copywriting.
  • Menjalankan Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads. 

Sejujurnya, saya tidak pandai di bidang ini. Namun setidaknya saya harus paham sedikit-sedikit tentang rumus periklanan. Mana tahu kan ye, materi ini bisa berguna di masa mendatang. Apalagi setiap materi pelatihan memiliki akses seumur hidup, bisa dibuka berulang kali. 

Negotiation Skill: Seni Mendapatkan yang Kamu Inginkan



Materi terakhir yang saya ikuti adalah mempelajari Teknik Bernegosiasi bersama Rezza Marta Fauzi. Jadi guys, negosiasi tidak menjadikan kita sebagai pihak yang jahat. Karena tujuan dari bernegosiasi adalah kesepakatan dari kedua belah pihak, tidak ada yang dirugikan, dan semua orang senang. 

Konten pelatihan berisi:
  • Pengenalan terhadap negosiasi.
  • Proses dan Strategi Negosiasi.
  • Rahasia taktik negosiasi.

Bernegosiasi adalah suatu keterampilan yang perlu kita kuasai, karena bisa diterapkan dalam sehari-hari. Mulai dari belanja di pasar, membuat kesepakatan dengan penyedia jasa, interview kerja, dll. Saya pun tidak terlalu ahli dalam teknik ini. Akan tetapi, materi ini bisa membantu saya memahami bahwa dalam menjalankan bisnis online shop juga ada unsur negosiasi di dalamnya. 

Melalui tulisan ini, kamu bisa mendapat gambaran tentang bagaimana mengikuti pelatihan jarak jauh. Platform penyedia pelatihan ini juga terbuka untuk umum, sehingga bisa dipertimbangkan sebagai investasi untuk meningkatkan keahlian. 

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Wah mbak Elsa ikut pelatihan prakerja bulan Oktober ya, kok sama aku juga bulan itu, cuma bedanya aku ikut pelatihan bikin mie ayam enak cuma modal 100 ribu.

    Tapi mbak Elsa pas sih, soalnya kan penulis jadinya ikut ruang guru tehnik story telling dan creative writing non fiksi.

    Ruang guru komplit ya, ada juga pembahasan tentang strategi beriklan di Internet untuk usaha, mengelola database pelanggan dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan banget ya, dulu saya alumni gelombang 5 mas wkwkwk
      Kalo sekarang masih suka bikin mie ayam? Itu makanan favorit saya sedari SMP, mie ayam paling enak dimakan bareng pangsit basah.

      Hapus
    2. Wah sama ya, di ruang guru langsung dapat sertifikat ngga?

      Kalo aku langsung dapat, cuma mengikuti kursus online, screen shot tanda melihat terus upload, eh seminggu kemudian sertifikat ada, bulan depan langsung cair intensif nya.🤭

      Tapi aku coba daftar buat istri tahun 2021 ini susah banget. Akhirnya ngga jadi deh

      Hapus
    3. Langsung dapat sertifikat. Kendalanya di waktu sih, saya ngeberesin pelatihan gak bisa cepet. Jadi kalo sebulan beres 1 pelatihan, dapat sertifikat, cair insentif. Habis itu ngambil pelatihan baru lagi.

      Hapus
  2. Waooo menarik-menarik semua pelatihannya say, sayang saya cuman ikut 1 aja, lainnya udah malas duluan, soalnya juga dari pihak penyelenggara gak jelas.

    Nanti udah lewat waktunya baru di email mulu, udah malas duluan dah, hahaha.

    Senang sebenarnya kalau kita ikutan pelatihan dan ilmunya bisa dipake :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang mbak Rey kemarin ikut pelatihan apa? Pasti langsung ambil paket yang harganya mahal ya hehehe

      Hapus
  3. Saya pengen ikut, tapi terkendala umur
    Jadi hanya bisa menyimak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak dibatasi usia kok mas, coba aja daftar katanya mau ada gelombang 18 bulan Juli-Agustus.

      Hapus
  4. Wah2... pelatihan yg di ambil mba Elsa bagus iya..
    Syg aku blm ada wkt utk ikutan😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan aja mbak, terbuka untuk umum juga kok. Upgrade skill juga termasuk investasi lho :)

      Hapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!