Tips Lolos Tes CPNS dengan TRYOUT.ID, Belajar Online Semakin Mudah


Tes CPNS semakin dekat, sudah pasti akan dibanjiri oleh peserta. Kamu akan bersaing dengan jutaan orang dari seluruh Indonesia, apalagi jumlah peserta tahun ini pasti akan lebih banyak dari jumlah peserta di tahun 2019. 

Pada tahun 2020, tidak ada tes CPNS sehingga orang sudah menanti-nanti kesempatan ini untuk mendaftar. Agar bisa lolos, kamu membutuhkan strategi belajar yang efektif. Berikut ini adalah beberapa trik untuk kamu yang ingin mengikuti seleksi.


Atur Jadwal Belajar

Merencanakan waktu belajar dari sekarang merupakan langkah penting untuk peserta tes. Luangkan waktu belajar secara intensif agar kamu dapat berlatih soal dan mempelajari berbagai materi. Untungnya di era digital ini, belajar bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun lewat Tryout.id

Apabila ingin lolos tes CPNS tahun ini, maka berlatih soal adalah salah satu cara terbaik. Rajin-rajinlah melatih pengetahuan dengan mengerjakan soal tes. Ini dapat membantumu mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari sebelum menghadapi seleksi yang sesungguhnya. 


Mempelajari Kisi-kisi dan Materi

Poin penting dalam strategi belajar adalah memahami kisi-kisi dan materi di tahun lalu. Dengan mempelajari kisi-kisi tahun lalu, peluang untuk lolos seleksi jadi lebih besar. Kamu juga bisa menemukan kisi-kisi tersebut di Tryout.id sebagai pedoman belajar tes CPNS. 

Untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman, tak ada salahnya bergabung dengan kelompok. Kegiatan belajar akan terasa lebih ringan dan kamu tidak akan cepat mengantuk jika dilakukan bersama teman. Apalagi kegiatan belajar dapat dilakukan melalui kelas online berkat perkembangan teknologi.


Selalu Update Informasi

Meski Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan pendaftaran tes CPNS secara detail, kamu tetap perlu memeperbarui informasi secara berkala. Perubahan pada ketentuan bisa terjadi sewaktu-waktu, misalnya tanggal pelaksanaan. Atau, bisa juga BKN membagikan kisi-kisi yang dapat mempermudah peserta mengikuti seleksi. 

Perlu diingat bahwa kelengkapan dokumen menjadi syarat mutlak dalam seleksi. Sehingga kamu perlu menyiapkan persyaratan dokumen sebelum mendaftar. Pastikan semua dokumen yang disertakan bersifat valid dan sesuai dengan ketentuan instansi. 


Memperhatikan Passing Grade

Agar tidak gagal tahun ini, perhatikan passing grade dari seleksi CPNS 2019. Menurut  Peraturan Menteri PANRB No. 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2019, para pelamar harus melampaui passing grade sebesar 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Adapun passing grade untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 80, dan 65 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Hal itu berlaku untuk pelamar dengan jalur formasi umum dan formasi khusus tenaga pengamanan siber (cyber security). Pelamar akan dinyatakan lolos tes CPNS apabila mendapat nilai minimal 271 poin dari 100 soal.


Istirahatkan Pikiran Sebelum Ujian

Setelah melakukan semua persiapan dari mulai belajar CPNS online, mengenali kisi-kisi materi, hingga meelengkapi dokumen persyaratan, luangkan waktu untuk mengistirahatkan pikiran. Hindari menghapal buku dengan sistem kebut semalam, karena metode ini tidak efektif dan hanya akan membuat pikiran dan tubuh kelelahan. 

Sebisa mungkin, hindari pemicu stres dan usahakan mendapat jam tidur yang cukup. Karena ujian seleksi membutuhkan konsentrasi yang tinggi, jangan sampai kamu sakit saat hari yang dinantikan tiba di depan mata. 

Tryout.id adalah penyedia berbagai soal tes untuk memudahkan kegiatan belajar mulai dari CPNS, Sekolah Tinggi Kedinasan, Uji Kompetensi, TOEFL, dan masih banyak lagi. Tersedia 3700 soal dan pembahasan dengan mode belajar dan ujian. Dengan menggunakan tryout.id, peserta tes CPNS bisa membuat persiapan matang untuk bisa lolos seleksi. 

Posting Komentar

6 Komentar

  1. Tipsny keren mbak elsa, smoga saya bisa lolos amiin

    BalasHapus
  2. CPNS selalu byk saja yg mengincarnya... tp anehnya, aku gak begitu tertarik ya... dari dulu, pdhl kakakku jg PNS, entahlah mungkin aku lbh menyukai ngeblog... hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan hidup tiap orang beda-beda, nikmati aja selagi bisa..

      Hapus
  3. Jadi ingat saya dulu sering ikut test CPNS, sayangnya dulu belom secanggih sekarang, ada tryout gini.
    Jadinya dulu hanya berharap di belajar manual yang bikin ngantuk 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek dari pandemi juga, mau gak mau semua harus serba digital termasuk belajar online

      Hapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!