Review Whitelab Exfoliating Toner, Hempaskan Jerawat dan Sel Kulit Mati

 


Kulit kita secara berkala melakukan regenerasi sel. Ketika sel-sel kulit mati terlepas, maka selanjutnya akan terbentuk sel-sel kulit baru. Namun seiring bertambahnya usia, regenerasi sel kulit akan semakin melambat. Apalagi dengan menjalani pola hidup tak sehat, sel kulit mati akan terus bertumpuk. 

Penumpukan sel kulit mati bisa menyebabkan wajah terlihat kusam, pori-pori tersumbat, dan timbul jerawat. Oleh karena itu, kita perlu melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak bertumpuk. Salah satu cara mengangkat sel kulit mati yang aman adalah dengan menggunakan exfoliating toner.

Kulit wajahku ini tergolong kombinasi, berminyak di daerah T Zone (dahi, hidung, dagu) sedangkan area sekitar mata dan pipi cenderung mudah kering.  

Aku punya masalah pori-pori tersumbat di area dagu. Sudah bertahun-tahun, tekstur kulit di area dagu ini tidak rata dan selalu menjadi tempat langganan jerawat nongkrong (terutama di saat menstruasi). Karena aku pengen lebih serius dalam merawat kulit, jadi aku mulai mempertimbangkan exfoliating toner untuk mengatasi masalah kulitku. 

Kenapa Pilih Whitelab Exfoliating Toner? 

Dari berbagai brand kecantikan yang mengeluarkan exfoliating toner, kenapa sih aku pilih Whitelab? Berikut ini poin-poin yang menjadi bahan pertimbangan. 

Brand Lokal Terkemuka

Whitelab adalah brand lokal yang launching sejak Maret 2020 dan menawarkan produk-produk perawatan berkualitas. Semua produk dari Whitelab sudah teruji secara klinis dan terdaftar BPOM, sehingga aman untuk digunakan sehari-hari. Selain banyak diulas oleh influencer, Whitelab juga menggandeng artis-artis terkenal seperti Aurelie Mooremans, Bunga Citra Lestari, dan Haico Van der Veken.

Harga Terjangkau

Sebagai barisan emak-emak yang penuh dengan perhitungan alias ngirit, tentu saja produk skincare dengan harga terjangkau menjadi daya tarik. Setelah tahu bahwa suatu brand menawarkan produk yang aku butuhkan, selanjutnya adalah menyesuaikan budget. Untuk Whitelab Exfoliating Toner ini harganya Rp 57.000,- untuk kemasan botol berisi 60 ml. Karena produk ini hanya digunakan dua kali dalam seminggu, isinya jadi awet dan gak cepat habis. Hemat, kan?

Komposisi yang Efektif

Whitelab mengeluarkan empat jenis toner dengan kemasan yang nyaris sama. Jadi, kita harus teliti membaca label dan komposisi sebelum membeli produk Whitelab agar tidak tertukar. Untuk Whitelab Exfoliating Toner ini mengandung AHA 6%, Niacinamide 2%, BHA 1%, dan PHA 0,10%. 

Kombinasi zat aktif di dalam produk ini bekerja untuk: 

  • mengangkat sel kulit mati, 
  • membersihkan hingga ke dalam pori-pori, 
  • mengempeskan jerawat,
  • mencegah terbentuknya jerawat baru,
  • menyamarkan bekas-bekas jerawat,
  • meratakan warna kulit.

Sekarang mari kita lanjut ke review Whitelab Exfoliating Toner! 

Whitelab Exfoliating Toner datang dengan kemasan botol minimalis yaitu 60 ml. Untuk kamu yang suka bepergian, produk ini travel friendly banget, guys! Karena menurut peraturan di maskapai, penumpang hanya boleh membawa cairan maksimal 100 ml. Jadi kamu bisa bawa produk ini kemanapun. Ukurannya yang mungil juga tidak akan memenuhi isi tas.


Sebenarnya saat pertama kali dibuka, ada semacam pengaman di lubang botolnya. Waktu itu langsung aku buang dan gak kepikiran bakal nulis review ini. Lubangnya gak terlalu besar dan gak terlalu kecil, jadi setiap kali dituang ke kapas, gak pernah meleber kebanyakan atau kekurangan. 


Di bagian bawah botol tercantum seri batch dan tanggal kadaluarsa. Selalu habiskan produk skincare maksimal 12 bulan setelah dibuka! Kalo aku sih tenang aja, kurang dari 6 bulan juga pasti habis. Yang aku khawatirkan itu gimana kalo skincare habis pas gak bisa beli lagi, eh maap guys malah curhat.



Di bagian belakang label ada komposisi, manfaat, cara penggunaan, keterangan manufaktur dan barcode. Kalo untuk tipe kulit sensitif sebaiknya hati-hati ya guys karena ada kandungan alkohol dan pewangi, meski sebenarnya cukup rendah. 


Aku pakai Whitelab Exfoliating Toner setiap Senin dan Jumat, malam hari setelah mencuci muka. Kenapa malam hari? Karena setelah memakai zat acid (AHA, BHA, dan PHA) kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Aku sedang mempertimbangkan cotton pad atau kapas yang bisa dicuci dan dipakai ulang, biar ngurangin sampah. 



Hasil pemakaian Whitelab Exfoliating Toner: 
  • Saat pertama kali pakai, ada rasa perih karena kulit masih beradaptasi dengan zat-zat aktif. Komposisi pada produk ini tergolong medium, jadi konsentrat AHA-nya lebih tinggi dari exfoliating toner milik brand lain. 
  • Jerawat yang sedang meradang langsung kempes keesokan harinya.
  • Setelah pemakaian ketiga dan seterusnya, rasa perih udah nggak ada.
  • Jerawat yang udah pada kempes sekarang tinggal bekasnya, berupa noda-noda gelap.
  • Ketika aku pakai sunscreen dengan efek tone up, bekas-bekas jerawat ini langsung tersamarkan.
  • Masalah bruntusan di dagu belum ada perubahan yang signifikan, mungkin butuh proses lebih lama karena akar permasalahannya ada di pori-pori tersumbat.
  • Mengenai kecerahan wajah, aku gak terlalu memperhatikan, rasanya kayak sama aja tapi gak tahu ke depannya.

Setelah pakai exfoliating toner, aku lanjut pakai air mawar sebagai hydrating, lalu moistuizer yang mengandung centella asiatica untuk memberi efek menenangkan. Next aku ada mau bikin review produk-produk skincare yang sedang aku gunakan, tapi masih kewalahan dalam membagi waktu. Kesibukan aku sekarang jadi penulis lepas di media, content creator, dan ngegarap online shop. Segitu aja dulu review Whitelab Exfoliating Toner dari aku, semoga bermanfaat ya permirsah!

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Mantep ini bikin kempes jerawat. Harganya juga terjangkau beneran ya kak. Masukin list deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa di checkoutin pas lagi promo tanggal kembar, hehehe

      Hapus
  2. Untuk cowok apa yang tepat ya...atau bisa juga di pakai buat kaum lelaki? Pasti beda kulit kaum kami kan kasar dan keras kan...kalau cewek pastinya sangat lebih lembut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok juga bisa pakai, karena Whitelab Exfoliating Toner ini tergolong medium jadi pasti nampol di kulit yang kasar sekalipun.

      Hapus
  3. Wah bisa masuk wishlist sih ini, soalnya wajah aku juga berjerawat. Reviewnya lengkap dan bagus kak, bermanfaat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak Mutiara udah mampir, senang rasanya bisa berbagi.

      Hapus
  4. Mbak, jujur aja sejak tau keberadaan Whitelab ini aku penasaran banget ama produk2nya, akhirnya aku coba sabun cuci muka ama obat totol jerawat tp 22nya ga ada yg cocok, hiks, sedih banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mbak namanya juga trial and eror pasti ada aja produk yang hasilnya gak sesuai harapan. Skincare yang gak cocok di muka masih bisa pakein ke badan.

      Hapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!