Review Favehotel Tasikmalaya, Staycation dengan Nuansa Colorful



Staycation atau liburan menginap adalah metode refreshing yang paling mudah dan asik menurutku, asalkan ada uang... Hahaha. Biasanya lokasi staycation yang aku pilih berjarak dekat dari rumah, karena tujuannya cuma untuk penyegaran, jadi gak perlu liburan jauh-jauh ke luar kota apalagi sekarang masih pandemi. Di tulisan ini aku mau review Favehotel Tasikmalaya, salah satu hotel bintang 3 yang menyediakan harga terjangkau untuk budget traveler.

Selain harganya yang terjangkau, nuansa hotel ini menggunakan tema yang colorful dan ceria. Mulai dari tampilan luar gedung, resepsionis, kamar, dan tempat makan mengkombinasikan macam-macam warna. Di hari aku menginap, para staff hotel mengenakan seragam merah muda yang menunjukkan kesan ramah dan bersahabat. 

Untuk membuat review Favehotel Tasikmalaya ini aku persiapan dari jauh-jauh hari, lho! Tak hanya mengalokasikan budget traveling, untuk staycation aku membawa cukup banyak barang yang bisa muat di ransel. Aku sengaja beli piyama baru sebagai self-reward, yang kemudian aku bawa juga ke hotel. Karena hotel ini memiliki area kolam renang, tentunya aku bawa swimsuit dong! 

Review Favehotel Tasikmalaya

Lokasi hotel ini berada di Jalan RE Martadinata nomor 214, dekat dengan Terminal Bus Antar Kota dan Stasiun Kereta Api. Area jalan ini terbilang ramai kendaraan sehingga harus berhati-hati saat berkendara. Pada saat staycation, aku naik ojek online sih, soalnya kondisi badan agak nge-drop gitu jadi males bawa kendaraan apalagi ke jalan raya yang ramai. 

Area Depan Gedung


Saat memasuki gerbang, halamannya lumayan luas bahkan ada beberapa mobil yang parkir di luar. Dari bagian luar gedung udah keliatan konsep eksterior yang colorful alias berwarna-warni, lebih cocok untuk liburan keluarga karena anak-anak pasti bakal suka. Sayang nih, aku gak ngajak Icha karena staycation-nya bukan di hari libur, sementara dia kan harus sekolah. Eh tapi kalo staycation ngambil momen pas weekend, harganya suka jadi lebih mahal, iya nggak sih?

Area Parkiran Basement


Walaupun aku nggak bawa kendaraan tetap aku foto bagian basement-nya nih, supaya orang-orang bisa tahu bagaimana aksesnya. Di parkiran basement ini kendaraan kita lebih aman karena sistem keamanan sudah dilengkapi CCTV, terus gak bakal kena hujan. Pengunjung bisa menggunakan lift untuk menjangkau resepsionis. 

Reservasi



Sebelum datang ke hotel, aku udah booking kamar lewat aplikasi. Ketika reservasi, aku menunjukkan screenshot bukti pemesanan dan e-KTP untuk verifikasi identitas. Prosesnya cepet banget, aku langsung dapat kartu akses kamar yang mencantumkan password wifi juga. Walaupun wifi-nya nggak terpakai sih, karena aku masih punya paket unlimited dari kartu by U. 

Oya, di bagian pintu depan juga tersedia hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Semua pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker! Btw, kartu akses yang aku pegang tidak hanya membuka kamar yang aku tempati, tapi juga untuk menggunakan lift. Jadi kalo kita mau naik ke atas, harus scan kartu akses juga. 

Inilah yang aku lihat saat keluar dari lift. Area lorong di sore hari, sedikit gelap karena cuma mengandalkan sinar matahari.



Tipe Kamar Standar




Review favehotel Tasikmalaya ini mendapatkan kamar standar yang tersedia, total Rp 430 ribu untuk satu malam (termasuk sarapan). Saat memasuki kamar, kesan pertama yang aku tangkap adalah suasana tenang, hingar bingar yang aku dengar selama perjalanan, semuanya menghilang seketika. Aku sempat mengira kamar ini kedap suara, namun ternyata pas malam hari, aku masih bisa mendengar suara-suara orang yang lagi ngobrol di area rooftop.

Menurutku kamar segini terbilang sempit walaupun bisa menampung 2 orang maksimal. Aku pun yang punya badan mungil ini masih merasa gerak-gerik terbatas, apalagi toiletnya. Sebelum lanjut ke toilet aku mau kasih tahu dulu kalau alat pemanas airnya bagus, bisa manasin air dengan cepat, cocok untuk yang nggak sabaran wkwkwk. Tapi jangan dibawa pulang ya bestie!

Kamar Mandi



Aku agak kesulitan mengambil foto karena kamar mandinya sempit. Temen-temen bisa lihat gak? 

Jadi di kamar mandi ini udah ada sikat gigi, odol sekali pakai, tisu yang udah terpasang, dan tisu refill. Nah kalo barang-barang yang ini boleh dibawa pulang bestie wkwkwk. Handuknya bersih, toiletnya nggak bau, dan air hangat dari shower-nya gak perlu nunggu lama. 

Untuk mandinya juga praktis karena ada 3 in 1 liquid cleanser yang bisa membersihkan badan, sampo, sekaligus conditioner. Tapi sepertinya cleanser ini punya daya bersih yang kurang, karena setelah berenang rambutku masih bau kaporit dan kaku. Jadinya aku lebih memilih pakai sampo yang aku bawa dari rumah. 

Kolam Renang


Ini foto kolam renang di lantai 2 Favehotel Tasikmalaya, sore hari lumayan ramai. Ada yang bawa anak-anak juga. Kolam ini terdiri dari dua bagian, satu untuk anak-anak dan satu lagi untuk dewasa. Kolam yang aku pakai sudah pasti buat dewasa dong, masa buat anak-anak yang selutut? Kolam area dewasa kedalamannya setinggi dadaku, yaaa ketauan deh aku bantet wkwkwk. 

Eh tapi aku renangnya pagi hari sih, lebih suka pas lagi sepi biar leluasa aja. Terus malem harinya ngapain? Ya nonton drakor.. wkwkwk. Kenikmatan dari staycation itu adalah kita bisa dapet tidur berkualitas, mulai dari dekorasi kamar yang bikin tenang, ranjang yang nyaman, dan yang paling penting aku suka kedap suara. 

Keseharian aku adalah content creator, jadi aku menghabiskan waktu 24 jam tanpa keluar rumah. Kebutuhan sehari-hari pun aku pesan online, maka semakin lengkap saja hari-hariku tanpa keberadaan manusia selain abang kurir yang teriak "Paket!"

Gara-gara aku punya pendengaran yang tajam, kalau lagi tidur suka keganggu dengan berbagai macam suara. Suara tetangga, detik jarum jam, angin lewat, sampai cicak yang mondar-mandir. Suara-suara yang gak penting itu bikin aku cepat lelah. Dengan menginap di hotel, aku bisa mengistirahatkan pendengaran. 

Sarapan

Tibalah momen yang dinanti-nanti yaitu sarapannya wkwk. 

Tempat makannya satu lantai dengan resepsionis, jadi tamu hotel harus turun ke lantai 1. Ini penampakan lobby menuju tempat makan ya guys. Lift dan tangga bersebalahan, tapi aku gak pakai tangga, karena cape habis renang.. Masa habis olahraga kok olahraga lagi hahaha.






Bener kan, hotel ini ramah untuk anak-anak karena menyediakan kursi balita juga. Menu yang aku suka di Favehotel Tasikmalaya adalah spaghetti bolognaise. Pada dasarnya aku memang suka segala jenis masakan mie, cuman pasta lebih sehat dan bisa ngambil sepuasnya. Favehotel juga menyediakan area makan outdoor di teras depan, khusus bagi yang merokok. 

Service dari para staff hotel ini sangat ramah karena setiap berpapasan di lift, di lobby, mereka semua menyapa tamu. Bahkan saat di kolam renang, ada staff yang membawakan aku handuk, walaupun itu kewajiban mereka tetap aku seneng. Rasanya kayak bener-bener diterima. Sama seperti bantuan yang kita terima dari teman atau pacar, walaupun mereka melakukannya sukarela, tetap kita berterimakasih dong, iya nggak?

Waktu aku sarapan, staff di Favehotel Tasikmalaya juga menawarkan kopi atau teh. Kalau kurang, bisa minta lagi kayaknya. Tapi kalau buat dibungkus gitu, bisa nggak sih? Hahaha iseng nanya aja. 

Secara keseluruhan, aku cukup puas dengan pengalaman staycation disini. Terutama untuk kebersihan, pelayanan dari staff, dan menu sarapan enak banget. Berikut ini aku cantumkan alamat dan nomor telepon hotel.

favehotel Tasikmalaya, Jl. R.E. Martadinata No.214, Cipedes, Kec. Cipedes, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat 46133. Telepon: (0265) 2330330

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wah seru ada kolam renangnya. Klo yang type budget di seputaran jkt minimalis banget mb

    BalasHapus
  2. Face hotel cukup terkenal juga yaa, soalnya pelayanan nya emang bagus kayaknya. Sampe dibela-belain lagi nggak enak badan tetep staycation niiiih hehe. Sehat selalu mbaa ☺️

    BalasHapus

Halo, saya Elsa! Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
Saya akan senang jika kamu mau berbagi pendapat di kolom komentar.
Setiap komentar yang masuk akan saya usahakan balas secepatnya!